Yuk Lihat Pemakaman Islam di Jerman

Harmoni di Wuppertal

Di kota ini warga hidup berdampingan dan saling menghormati tradisi agama masing-masing. Di Wuppertal harmonisasi agama punya tradisi panjang. Jadi tidak sulit menemukan lahan untuk mendirikan perkuburan Islam, di antara perkuburan Yahudi dan Kristen.

Wuppertal Rathaus

 

Muslim di Wuppertal

Di Wuppertal ada sekitar 340.000 warga muslim. Banyak warga muslim di sini yang ingin menguburkan keluarganya yang meninggal di sebuah pekuburan Islam dengan tata cara Islam.
 Azhar-Imame Deutschland 2012

Salah satu alasan

Di perkuburan umum, lahan kuburan disewakan untuk jangka waktu 25 tahun. Tapi jika pekuburan itu menjadi milik komunitas Islam, kuburan bisa digunakan untuk seterusnya. Maka dari itu, warga muslim di Wuppertal ingin membeli lahan pekuburan sendiri.
 

Tiga keyakinan berdampingan

Yang menarik, tempat peristirahatan akhir ini, tidak hanya terletak di dekat kuburan orang-orang Kristen, tetapi juga di dekat dengan pemakaman Yahudi.

Jüdischer Friedhof in Wuppertal
 

Generasi baru

Orang tua Samir Bouaissa berasal dari Maroko. Keluarganya sudah tinggal selama dua generasi di Wuppertal. Dia bekerja di Balai Kota Wuppertal sebagai Ketua Dewan Pegawai. Generasi orang tuanya dulu masih sering berkunjung ke Maroko. Tapi dia dan keluarganya sudah jarang, mungkin empat atau lima tahun sekali.
 

Mengelola bersama

Samir Bouaissa menunjuk ke arah kawasan yang ingin dibangun. Ada 15 mesjid yang sekarang menyatakan bersedia mengelola pekuburan itu dan mengurus pembiayaannya. Gelombang generasi pertama imigran Turki yang mayoritasnya memeluk agama Islam, 80 persennya dimakamkan di tanah airnya. Pada generasi kedua, sudah ada 30 sampai 40 persen yang dikuburkan di Jerman.
 

Pemakaman Friedhof am Hallo di Essen

Di kota-kota lain di Jerman juga terdapat pekuburan Islam. Di pemakaman Friedhof am Hallo di Essen, terdapat pemakaman bagi umat Muslim, sejak tahun 1972. Sudah seribuan warga Muslim dikuburkan di sini. Makam imigran Turki berdampingan dengan makam warga keturunan Bosnia.

Friedhof Am Hallo Essen Deutschland

Kuburan Sehitlik di Berlin

Di Berlin terdapat ratusan ribu warga Muslim. Kuburan Islam juga bisa ditemukan di samping Mesjid Sehitlik, Berlin. Sekarang, di kuburan itu hanya dilaksanakan upacara penguburan. Jenazah kemudian dimakamkan di kuburan lain atau dibawa ke negara asalnya.
 Muslimische Friedhöfe in Berlin # 02.04.2012 # Deutschland Heute

Peristirahatan Terakhir di Köln

Tanah pemakaman Muslim Westfriedhof di Köln terletak di Bocklemünd. Dalam upacara pemakaman, seorang imam membaca doa dan Al Qur’an. Tetangga dan teman-teman akan menyiapkan makanan kecil di sekitar pelayat. Menurut warga keturunan Turki, biaya pemakaman di Jerman jauh lebih tinggi daripada di Turki.

Köln Westfriedhof Muslimisches Gräberfeld





0 Response to "Yuk Lihat Pemakaman Islam di Jerman"

Posting Komentar

eXTReMe Tracker