Kota Kecil tapi Sarat Sejarah di Jerman

Pusat Kota Tua

Lapangan di pusat kota adalah tempat pertemuan warga asli dan wisatawan. Di sini berdiri balai kota (kanan), yang berasal dari jaman Renaissance dan Hotel Elephant, yang jadi tempat bermalam tamu-tamu terkenal kota itu.

Markt vor dem Rathaus in Weimar 2013

Penguasa Yang Cinta Seni

Istana kota jadi tempat tinggal bangsawan keluarga Sachsen-Weimar sejak pertengahan abad 16. Di akhir abad 18 bangsawan Herzog Carl-August dan ibunya Anna Amalia menjadikan Weimar pusat sejarah kebudayaan. Sekarang, istana kota jadi lokasi penyimpanan koleksi seni bangsawan itu dan bagian warisan budaya UNESCO, "Klassisches Weimar" (Weimar Klasik).

Stadtschloss in Weimar 2001

Rumah Besar

Teater Nasional, yang dipimpin pujangga Johann Wolfgang von Goethe sejak 1791 juga bersejarah dari segi politik. 1919 di sini berlangsung sidang pertama dewan nasional republik pertama Jerman. Sekarang di gedung teater nasional dipertunjukkan opera, drama dan konser, mulai dari klasik hingga modern.

Nationaltheater in Weimar 2009

Rumah Goethe

Tahun 1775 Johann Wolfgang Goethe, yang waktu itu belum jadi pujangga terkenal, datang ke Weimar karena diundang bangsawan Herzog Carl-August. Untuk tinggal dan bekerja, bangsawan itu memberikannya rumah di taman tepi sungai Ilm. Beberapa waktu kemudian, Goethe pindah ke rumah yang lebih besar dekat Frauenplan, yang sekarang juga jadi museum.

Bildergalerie Ferienhäuser von Dichtern und Denkern (Johann Wolfgang von Goethe)

Rumah Tinggal Schiller

Karena mendapat tempat tinggal dari Goethe dan gaji dari Herzog Carl-August, pujangga Friedrich Schiller pindah ke Weimar 1799. Di tingkat dua rumah inilah terdapat ruang tinggal dan kerja Schiller. Sekarang ini juga jadi museum. Semua drama yang ditulis Schiller, di tahap akhir masa kreatifnya, dipagelarkan di teater Weimar.
 Flash-Galerie Deutschland Aufbau Ost vorher nachher Weimar Schillerhaus

Rumah Mewah

Perpustakaan milik bangsawan Herzogin Anna Amalia dengan ruang mewah bergaya Rokoko dibuka setelah diperbaiki karena kebakaran. Perpustakaan ini adalah salah satu kumpulan buku seorang bangsawan yang terbuka untuk umum. Schiller dan Goethe juga sudah bekerja di sini. Sekarang perpustakaan itu jadi perpustakaan penelitian, dengan titik berat sastra Jerman sekitar 1800.

Rokokosaal der Herzogin Anna Amalia Bibliothek

Gropius dan Bauhaus

Sejak 1996 institusi pendidikan Bauhaus bernama Universitas Bauhaus. Institusi ini didirikan 1919 oleh Walter Gropius. Gropius yang seorang arsitek mengubah rencana pelajaran, dan mengubah nama sekolah jadi "Staatliches Bauhaus". Di sini ia mengajarkan keserasian seni dan teknik.

Bauhaus Universität Weimar




Nazi di Weimar

Di Ettersberg dekat Weimar, sebuah tempat peringatan yang mengingatkan orang akan kekejaman Nazi dan Hitler di masa Perang Dunia II. Di tempat itu berdiri kamp konsentrasi Buchenwald mulai 1937. Ini adalah salah satu kamp konsentrasi terbesar di Jerman. Di sini 56.000 orang tewas akibat penyiksaan, eksperimen medis atau karena kerja paksa.
 Gedenkstätte Buchenwald Weimar 2013



Jadi Warisan Budaya

Setelah penyatuan Jerman Barat dan Timur, tahun 1999 Weimar adalah kota pertama di bekas Jerman Timur yang terpilih jadi ibukota kebudayaan Eropa. Tiap tengah tahun di sini diselenggarakan pesta seni. Festival seni modern itu menyatukan sastra, musik, teater, seni tari dan seni rupa. Tahun itu festival tersebut sudah berumur 25 tahun dan jadi daya tarik utama.
 Weimar 1999 EU Kulturhauptstadt



0 Response to "Kota Kecil tapi Sarat Sejarah di Jerman"

Posting Komentar

eXTReMe Tracker