Pesona Keindahan Togo

Kemegahan Kolonial Tua

Di sebuah taman, di antara pohon palem berdiri bekas istana gubernur. Gedung ini didirikan pemerintah Jerman antara tahun 1898 dan 1905, dan kemudian menjadi gedung pemerintah Togo.

Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit ehemaliger Gouverneurspalast

 

Gaya Neogotik di Togo

Sejak 1902 katedral dalam gaya neogotik menghiasi pasar Lomé, ibukota Togo. Gedung tempat tinggal uskup juga dibangun penguasa Jerman. Banyak bangunan masa kolonial masih utuh sampai sekarang, dan datangkan ketenaran bagi arsitek Jerman.

Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Die Kathedrale in Lomé

Kehancuran di Depan Mata

Sekarang istana itu kosong, dan semakin rusak secara perlahan, sementara taman jadi semakin tak terurus. Pemerintah Togo tidak punya cukup uang untuk menjaga keutuhannya. Tapi mereka menempatkan banyak tentara di sana agar tidak dirampok.
 Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit ehemaliger Gouverneurspalast in verwildertem Park

Tidur Siang di Gedung Tua

Tidak jauh dari istana gubernur berdiri bekas gedung administrasi daerah. Setelah Togo merdeka 1960, gedung itu ditinggikan dan jadi lokasi sekolah marinir. Sekarang gedung itu juga kosong. Tetapi ruang-ruang di lantai dasar digunakan supir taksi dan penjaja dagangan untuk tidur siang.
 Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Bezirksamt Lomé


Pemancing, bukan Kapal Uap

Anjungan kapal Lomé diresmikan 1904. Sejak anjungan sepanjang 350 meter itu selesai dibangun, kapal besar bisa menurunkan muatan langsung di pusat kota. Baru mulai tahun itu, bahan bangunan seperti semen dan kayu dalam jumlah besar bisa didatangkan. Lomé sekarang sudah jadi pelabuhan modern. Tetapi anjungan kapal masih digunakan banyak warga Togo, yaitu untuk memancing.

Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Landungsbrücke


Infrastruktur Karatan

Di tempat parkir lok kereta api di Lomé sudah lama tidak ada pergerakan lagi. Juga sisa dari sekitar 300 km jaringan rel negara itu sudah rusak. Kereta api hanya berjalan di sebagian jaringan, terutama untuk angkutan barang.
 Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Lokomotivhallen


Gereja dengan Nostalgia

Di luar ibukota, Jerman juga meninggalkan jejak arsitektur. Di Kpalimé, sekitar 120 km dari pantai, juga berdiri gereja bergaya neogotik. Hanya gereja saja yang dibangun dengan gaya bersejarah dari kampung halaman. Untuk gedung lain, arsitektur masa itu membangun sesuai kebutuhan di lokasi, tapi dengan gaya kolonial.

Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Kirche in Kpalimé


Pos Terluar di Pegunungan

Sejak 1890 pusat militer dan administrasi Misahöhe menjaga keamanan rute perdagangan di pegunungan Togo, menuju lembah Volta yang sekarang masuk wilayah Ghana. Walaupun atapnya sudah runtuh, bangunan ini jadi tempat tinggi beberapa keluarga.

 Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit Forschungsstation Misahöhe


Yang Sudah Pergi

Berbeda dengan gedung-gedungnya, penguasa kolonial di Togo tidak berusia panjang. Malaria dan penyakit lain menyebabkan kematian mereka. Menurut tulisan pada nisan, mereka yang dikubur di sini tidak ada yang lebih tua dari 35 tahun.


Bildergalerie Togo Erinnerungen an die deutsche Kolonialzeit deutscher Friedhof Misahöhe








0 Response to "Pesona Keindahan Togo"

Posting Komentar

eXTReMe Tracker