Keragaman Ekosistem dan Fauna Namibia

Datang dan Pergi

Gurun Namib, pantai Atlantik, gurun Kalahari, pegunungan Damara: Keragaman ekosistem dan fauna yang hidup di dalamnya menyedot jutaan wisatawan ke Namibia, sebagian besar dari Angola dan Afrika Selatan. Pariwisata adalah sektor terbesar ketiga penyumbang devisa Namibia setelah pertambangan dan perikanan.

Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit

Kaya Fauna – Kebanjiran Wisatawan

Namibia adalah negara pertama di dunia yang menggariskan perlindungan alam dan keragaman fauna dalam konstitusinya. Modal alam dianggap sebagai sumber pertumbuhan. Sementara kualitas pariwisata bergantung pada kualitas ekosistem. Hasilnya adalah 15 persen wilayah Namibia dideklarasikan sebagai kawasan lindung.

Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit

Pengelolaan yang Baik

Manajemen taman nasional yang dipandu Kementrian Pariwisata Namibia mewajibkan melindungi keragaman hayati, menjaga keutuhan lahan dan melibatkan penduduk lokal dalam pembagian keuntungan. Strategi tersebut mampu memperbaiki situasi keuangan penduduk setempat. Untuk keberhasilannya, lembaga lingkungan hidup WWF menganugerahi Namibia dengan penghargaan "Gift to Earth" 2013 silam.
 Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit

Satwa Liar

Saat ini cuma sekitar 10.000 citah hidup di Asia dan Afrika. Populasi hewan berbintik ini pun terus berkurang. Namibia menggawangi populasi terbesar, sekitar sepertiga jumlah citah di seluruh dunia. Negara itu pun banyak berinvestasi buat melindungi satwa yang semakin langka tersebut.

Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit


Exklusiv dan Berkelanjutan

Ressort bernama Wolwedans ini berdiri di tengah NamibRand National Park dan mengelola sekitar 200.000 hektar kawasan lindung. Sejak dua generasi hotel ini berada di tangan keluarga Brückner. Selain memproduksi sendiri listrik dengan panel surya, manajemen Wolwedans juga mengolah sampah makanan menjadi kompos.
 Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit

Taman untuk Penduduk

Tanah di Namibia adalah harta yang nilainya tak terhingga. Sebab itu penduduk dilibatkan pada pembagian keuntungan. Pengelolaan taman nasional kerap dikerjakan sendiri oleh penduduk lokal. Mereka yang memutuskan, apakah hotel boleh dibangun, atau berapa satwa yang boleh diburu. Untuk itu manajemen taman nasional mengalokasikan 40% keuntungan bersih.
 Bildergalerie Namibia Tourismus Nachhaltigkeit




0 Response to "Keragaman Ekosistem dan Fauna Namibia "

Posting Komentar

eXTReMe Tracker